28/11/13

Basuki Sistem Parkir Nyontek Negara Maju Saja Pusing Amat

Kamis, 28 November 2013 | 15:55 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, penerapan uji coba parkir meter di Ibu Kota diharapkan dapat dimulai pada Februari atau Maret 2014. Politisi Partai Gerindra ini menyatakan, penerapan parkir meter tidak perlu repot karena tinggal mencontoh dari negara maju. 

"Sudah siap itu. Nyontek saja di negara maju, pusing amat. Dunia ini enggak ada barang baru. Semua barang sudah ada, kita tinggal nyontek saja," kata Basuki di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (28/11/2013). 

Menurut Basuki, pelaksanaan lelang parkir meter telah siap dilakukan Pemprov DKI Jakarta pada Desember 2013. Penerapannya akan dilakukan dengan sistem zonasi. 

Rencananya, tarif parkir yang dikenakan dihitung per jamnya mulai Rp 3.000 hingga tertinggi Rp 8.000. 

"Intinya itu kita ingin menahan Anda tidak parkir supaya Anda lepaskan mobil Anda lebih jauh, lalu naik bus. Ini yang di tengah-tengah (kota) ini kan bikin macet nih, (jadi) harus mahal," ujar Basuki. 

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Perparkiran (UPP) DKI Jakarta akan segera menerapkan parkir meter di 15 lokasi di DKI Jakarta pada tahun ini. Spesifikasi mesin parkir meter itu akan persis dengan sistem yang diterapkan di kota Boston, Oklahoma, Houston, New York, Chicago, Los Angeles, dan China.

Penulis: Robertus Belarminus
Editor: Ana Shofiana Syatiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar