28/11/13

Jokowi : Punya Usul Apa Atasi Pengemis ?

Kamis, 28 November 2013 | 15:44 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku belum mempunyai jurus jitu mengatasi maraknya pengemis di Ibu Kota. Dia pun meminta saran dari pihak lain, salah satunya dari wartawan.

"Belum punya jurus jitu. Kamu punya usulan apa coba?" ujarnya seusai hadir di Rembuk Provinsi di Monas, Kamis (28/11/2013).

Jokowi pun mengakui, ungkapannya tersebut memiliki maksud tertentu. Publik kerap kali mengejarnya soal cara menyelesaikan suatu persoalan di DKI tanpa memperhitungkan kemampuan Jokowi sendiri.

Padahal, kata Jokowi, upaya pemerintah tak berhasil apa-apa tanpa peran dari masyarakat, misalnya soal kebersihan. Jokowi mengatakan, pembuatan tempat sampah sebanyak apa pun tak akan dapat membuat Jakarta bersih jika masyarakatnya membuang sampah sembarangan.

Soal pengemis, Jokowi mengaku telah menginstruksikan Dinas Sosial dan Satuan Polisi Pamong Praja untuk melakukan penertiban sekaligus pembinaan. Para pengemis ditangkap lalu dimasukkan ke dalam panti untuk diberikan pembinaan kehidupan.

"Hanya memang (pengemis) tumbuh silih berganti. Rumah sosial kita penuh semua. Karena ini masalahnya kemiskinan," ujarnya.

Jokowi mengaku, penertiban sekaligus pembinaan merupakan cara yang akan dilakukannya hingga dia menemukan cara jitu untuk mengurangi pengemis.

Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor: Ana Shofiana Syatiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar